BURUH, OUTSOURCING, DAN PERAN NEGARA

PENDAHULUAN

Perayaan hari buruh internasional setiap tanggal 1 Mei, yang sering disebut sebagai May Day, merupakan momentum bagi para buruh Indonesia untuk menyuarakan penolakkan mereka terhadap sistem outsourcing.  Bagi para buruh, outsourcing merupakan bentuk eksploitasi perusahaan terhadap buruh.  Dalam persepsi para buruh, outsourcing hanya memberikan keuntungan kepada para pemberi kerja.

Akan tetapi, di pihak lain para pemberi kerja merasa memiliki landasan legal yang kuat untuk melakukan praktik outsourcing, yaitu:  UU No. 13 Th 2003 tentang Ketenagakerjaan.  Terlebih lagi, pihak Depnakertrans tidak memberikan sinyal yang kuat terhadap praktik outsourcing yang dilakukan oleh pemberi kerja.  Sinyal yang menuntun pemberi kerja dan para buruh bahwa praktik outsourcing yang selama ini dilakukan sudah benar atau tidak benar (tidak sesuai dengan perundang-undangan yang ada).

Konsekuensinya, para buruh dan pemberi kerja berada dalam kondisi yang berseberangan.  Tentu saja situasi tersebut hanya memberi kondisi yang bersifat “kalah-menang”.  Saat ini, pemberi kerja memperoleh kemenangan dan para buruh menjadi pecundang.  Dalam jangka panjang, kondisi tersebut hanya akan memperlemah kondisi daya saing perusahaan Indonesia.  Pola hubungan yang tidak harmonis menyebabkan buruh dan perusahaan tidak bisa memaksimalkan produktivitasnya. 

Oleh karena itu, pemerintah memiliki peran sentral dalam membina pola hubungan antara buruh dengan majikan.  Pemerintahlah yang bisa menciptakan iklim agar perusahaan bisa menerapkan sistem outsourcing yang adil.  Sistem outsourcing yang mampu memberikan efisiensi pada perusahaan tetapi juga menjamin terciptanya kehidupan yang layak bagi para buruh.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: